Jumat, 19 November 2010

Sedikit Mengulas Teknologi Komunikasi yuukkk...

Perkembangan teknologi dewasa ini yang sangat pesat menyebabkan mudahnya dalam melakukan berbagai macam pekerjaan kita sebagai manusia. Berbagai macam alat diciptakan dan direvisi setiap harinya guna lebih mempermudah pekerjaan manusia dimulai dari diciptakannya komputer hingga munculnya internet pada tahun 1998 yang digunakan pertama kali oleh kementrian pertahanan Amerika Serikat. Perkembangan internet ini juga membuat semakin mudahnya komunikasi antar manusia yang tak terhalang jarak dan waktu. Setiap orang dapat melakukan komunikasi antar sesama walaupun lawannya sedang ada di belahan dunia lain dengan menggunakan E-mail. Kemudian perkembangan internet juga menelurkan “mesin” baru, yakni telepon genggam atau yang biasa kita kenal sebagai hape atapun berbagai macam gadget. Dengan telepon genggam ini, komunikasi semakin hemat karena tidak perlu menunggu orang lain yang kita ajak berkomunikasi untuk membalas E-mail tapi cukup dengan membalas SMS (Short Message Service) yang kita kirimkan kepadanya atau apabila terlalu lama menunggu kita dapat menghubunginya/meneleponnya langsung agar sesegera mungkin mendapatkan kabar dari lawan bicara kita.

Namun, perkembangan teknologi ini tidak selamanya positif, ada sisi negatifnya juga, yakni banyaknya orang-orang yang lebih mementingkan gadgetnya dari pada urusan pribadinya seperti para ibu-ibu yang harus mengurus anaknya lebih mementingkan hape-nya dan membalas berbagai macam SMS dari sanak keluarga atapun teman yang sebenarnya tidak terlalu penting ini dari pada anaknya yang menangis meminta susu. Fenomena ini sungguh sangat memprihatinkan, karena perkembangan teknologi membutakan naluri ibu untuk mengurus anaknya sendiri yang telah dilahirkannya melalui proses panjang dan menyakitkan. Perkembangan hape ini bahkan membuat masyarakat menjadi lebih konsumtif. Jika ada tipe hape baru maka salah seorang individu akan menjual hape lamanya dan membeli hape baru tersebut dan begitu seterusnya.

Seharusnya kita sebagai makhluk yang paling berakal bisa menggunakan perkembangan teknologi ini dengan bijak dan menggunakannya sesuai keperluan saja dan tidak berlebihan sehingga perkembangan teknologi yang ada akan benar-benar berguna dan tidak menyebabkan disintegrasi didalam masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar