PENGANTAR TEKHNOLOGI SIA 2
Efektivitas Pembangunan
Website
Disusun oleh :
1.
Merli
Astarina 22209082
2.
Seno
Aji Budi 20209629
3.
Yuliana
Silaen 26209191
4.
Tata
Ruhyana 20209989
5.
Farida
Swastiningsih 20209128
6.
Anggiat
Primadinata 21209930
Dosen
: Dadi Kuswandi
ATA
2011/2012
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Global
Information Infrastructure (GII) – yang masih dalam awal-awal perkembangannya
telah mampu mengubah dunia lebih dari sepuluh tahun mendatang, kemajuan GII
akan mempengaruhi hampir di seluruh aspek kehidupan kita, baik di bidang
pendidikan, perawatan kesehatan, pekerjaan, maupun aktivitas-aktivitas di waktu
senggang. Sebagai bagian masyarakat dunia, penduduk dipisahkan oleh jarak dan
waktu ini akan mengalami perubahan-perubahan.
Tak ada satu pun kekuatan yang memasukkan perubahan elektronis sebaik
yang telah dilakukan oleh internet. Ketika sebuah alat disediakan untuk suatu
perubahan ilmiah atau perubahan akademik, internet muncul sebagai sebuah
penerapan untuk kehidupan sehari-hari.
Dalam dunia internet, informasi dan teknologi yang berlaku 3 tahun, 1
tahun, atau 3 bulan yang lalu sudah dianggap usang dan tidak berlaku lagi.
Internet adalah bisnis yang bergerak maju dengan sangat cepat. Jika tetap ingin
selalu di depan, maka menjadi suatu keharusan untuk menyegarkan pengetahuan
dengan selalu mengakses ke sumber-sumber informasi terbaru.
Teknik dan strategi dalam sistem bisnis online ini
sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam pelaksanaan operasi
bisnis online anda. Jadi, tidak hanya bertemu atau tatap muka antar pembeli dan
penjual untuk melakukan transaksi jual beli di era zaman sekarang yang ada
hanya dengan cara online para pembeli dapat menemukan barang yang ingin dibeli
tanpa harus keluar rumah dan juga keluar kota atau keluar negeri cukup dengan
hanya di depan computer/notebook yang sudah terkoneksi dengan internet kita
suda bias mengakses dunia maya.
Strategi ini sangat mudah, nyaman, dan praktis tapi
disisi negatifnya juga ada yaitu belum tentu barang ini asli atau bergaransi
tapi bagi yang sudah berlangganan dengan bisnis online pasti percaya dan yakin
akan barang yang di beli.
Di dalam makalah kelompok kami ini akan membahas
bagaimana Efektivitas Pembangunan Website. Teknik dan strategi dalam
sistem bisnis online ini sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam
pelaksanaan operasi bisnis online anda.
BAB 2
Pembahasan
EFEKTIVITAS PEMBANGUNAN
WEBSITE
Kita awali session ini dengan sebuah ungkapan
sederhana: “Adalah mudah mencari uang secara online, jika anda tahu apa yang
sedang anda lakukan.” Masalah yang muncul kemudian adalah lebih dari 90% orang
mencoba untuk mengadu peruntungannya secara online, padahal mereka belum tentu
tahu apa yang mereka lakukan. Lebih buruk lagi 90% penjual di internet maupun
para pemberi informasi pemasaran di internet juga tidak tahu apa yang mereka
perbuat. Hal ini sama seperti ungkapan kuno “jika seorang buta pembimbing orang
buta lainnya maka mereka berdua akan terperosok ke dalam parit.” Kondisi
seperti ini sebenarnya sedang terjadi pada banyak pelaku bisnis di internet.
Mereka mendapat bimbingan mengenai informasi dan teknik oleh pihak-pihak yang
belum yakin akan hal yang sedang terjadi.
Dalam dunia internet, informasi dan teknologi yang
berlaku 3 tahun, 1 tahun, atau 3 bulan yang lalu sudah dianggap usang dan tidak
berlaku lagi. Internet adalah bisnis yang bergerak maju dengan sangat cepat.
Jika tetap ingin selalu di depan, maka menjadi suatu keharusan untuk
menyegarkan pengetahuan dengan selalu mengakses ke sumber-sumber informasi
terbaru.
Teknik dan strategi dalam sistem bisnis online ini
sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam pelaksanaan operasi
bisnis online anda.
I. Membangun Site Bisnis
Ratusan artikel maupun buku mengenai teknik pemasaran di internet yang
beredar di pasaran berisi bagaimana memulai sebuah bisnis yang dapat memberi
keuntungan dalam satu malam. Kami berharap melalui halaman ini pembaca dapat
mulai melihat beberapa teknik yang ada dan menjadikannya sumber informasi untuk
bisnis baru anda.
Ada 5 tips untuk
memulai pembuatan website:
- Line produk hendaknya disampaikan secara nyaman melalui email atau melalui internet.
- Pemilihan produk yang tepat untuk dipasarkan secara luas atau dalam jangkauan global (regional/antar negara). Hendaknya produk baik jasa maupun barang dapat mengena kepada masyarakat secara luas.
- Bandingkan biaya teknologi baru dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisnis konvensional seperti sewa tempat, tenaga kerja, persediaan, biaya percetakan, dsb.
- Pembuatan website yang besar dan menarik yang tampak seperti perusahaan besar.
- Permudah pengunjung untuk masuk ke dalam website anda dengan cara membangun link menuju website anda. Bagaimana agar website anda sering di kunjungi pelanggan?
Ada 4 tips untuk meningkatkan
website:
- Bandingkan website yang kita buat dengan website orang lain yang sering di kunjungi, lalu koreksi kekurangan dari website yang kita buat.
- Fokuskan tujuan dari website yang kita buat, apakah ingin menampilkan hal unik, lucu, mendidik, dsb.
- Membandingkan budaya perusahaan dengan image perusahaan Anda. Sebaiknya website yang dibuat mendukung keduanya.
- Disain atau mendisain ulang web yang Anda buat. Jika diperlukan gunakan konsultan untuk mendesain ulang web yang Anda buat. 5. Selalu meningkatkan kualitas web dan menanyakan kepada pelanggan tentang web Anda.
Salah satu tujuan dari makalah ini adalah untuk menyediakan informasi
yang singkat dan mengena, cocok untuk dijadikan pegangan praktis dan strategis.
1.
Bangun Unique Web Position dalam bisnis anda. Apa hal yang paling unik dari produk atau layanan anda? Apakah lebih
baik dari pesaing anda atau sama dengan apa yang ditawarkan oleh produk orang
lain? Site online yang sukses tidak akan menyamakan seperti yang sudah ada.
Site yang mampu untuk menang adalah yang memunculkan sisi unik dari target
pasarnya.
2.
Unique Web Position lebih
penting daripada copy iklan. Gabungan antara konsep dan
UWP (lihat teknik #1) yang bagus akan selalu berhasil meskipun hanya
menggunakan copy iklan yang biasa-biasa saja.
3.
Jangan hanya menawarkan harga murah jika produk tidak
menjual. Dalam beberapa kasus, anda mungkin memasang harga
tinggi pada produk yang ditawarkan. Hal ini terjadi karena anda tidak
memposisikan diri untuk mempersembahkan produk yang bernilai tambah kepada
konsumen anda. Tambahkan bonus, lebih fokus pada UWP, dan lain sebagainya.
Dengan kata lain, berikan selalu nilai tambah pada produk yang anda tawarkan.
4.
Temukan pasar sebelum menciptakan produk. Orang yang memulai bisnis dengan sebuah produk baru kemudian mencari
pasarnya, akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Temukan pasar
yang penuh dengan orang-orang yang telah siap untuk membeli sesuatu. Kebanyakan
yang pertama kali dicari oleh pengusaha sukses adalah pasar baru kemudian
mengembangkan produk yang secara konstan dicari dan dibeli oleh konsumennya.
5.
Temukan kerumunan yang lapar. Semakin lapar pasar potensial akan produk anda, kemudian untuk sukses
akan selalu tersedia. Jangan habiskan waktu anda untuk mengubah kebiasaan orang
dalam membeli. Ciptakan dan temukan produk yang banyak dicari orang.
6.
Jangan coba-coba membuat pasar. Temukan pasar yang sudah ada. Jika anda mengalami kesulitan dalam
menggambarkan siapa prospek anda sebenarnya, maka anda akan menghadapi cobaan
berat dalam manjual produk anda. Masuklah ke pasar yang telah siap untuk
membeli produk anda.
7.
Testing adalah kunci keberhasilan. Sebuah iklan mungkin bisa bekerja 10 kali lebih efektif di banding
dengan iklan lain yang hampir mirip untuk produk yang sama. Untuk itu, anda
harus selalu melakukan tes untuk tajuk iklan, penawaran, jaminan, dan metode
meningkatkan permintaan lainya. Penjual yang paling sukses tidak selalu yang
paling pintar. Mereka adalah yang selalu melakukan tes untuk memperoleh metode
yang paling baik tanpa pernah menyerah.
8.
Alasan melakukan iklan untuk meningkatkan panjualan. Sebuah usaha kecil tidak akan mampu untuk menganggarkan jutaan rupiah
untuk belanja iklan, menciptakan brand name untuk website mereka. Sebagai
contoh, banner iklan anda harus diuji coba untuk meyakinkan bahwa setiap rupiah
yang dikeluarkan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.
9.
Selalu ada biaya untuk sebuah iklan gratis. Sekecil apapun iklan yang anda lakukan pasti akan menarik ongkos dari
anggaran, entah dalam bentuk uang maupun waktu. Yakinkan bahwa semua ini dapat
berjalan sesuai dengan harapan. Tidak ada satu pun yang anda lakukan yang
benar-benar gratis.
10.Setiap aspek dari website dan pemasaran anda harus difokuskan pada
menampilkan UWP anda kepada konsumen. Apa pun
yang anda lakukan harus selalu difokuskan kepada Unique Web Position
Strategy: file signature, tajuk, order form, free reports, iklan dan
lainnya. Buatlah konsumen anda selalu tahu apa yang membuat anda berbeda dari
pesaing anda.
11.Integrasikan yang anda lakukan dalam satu strategi. Aktivitas yang bermacam-macam, free report dan iklan harus difokuskan
pada prospek yang sama dan secara terus-menerus menggiring prospek ke arah
keputusan pembelian. Jangan memfokuskan pada bagaimana mendatangkan jutaan
orang untuk mengunjungi website anda. Sepuluh orang prospek yang siap untuk
membeli semua produk yang ditawarkan akan lebih berguna dibanding dengan jutaan
orang yang hanya melihat-lihat saja.
12.Rencanakan berbagai aliran pendapat di muka. Banyak kasus, 50%-90% atau lebih dari keuntungan bisnis internet di
peroleh dari tambahan layanan. Jika anda lalai memberi lebih dari satu jenis
produk atau jasa, anda akan kehilangan sebagian besar keuntungan.
13.Yakinkan anda menyertakan barang bernilai tambah dalam keseluruhan
strategi. Jika anda menjual dengan harga murah (harga barang di
bawah Rp. 50.000) bukan barang konsumsi, anda harus menambahkan nilai pada barang
tersebut. Akan lebih mudah menjual sebuah barang berkualitas tinggi seharga 1
juta dibanding menjual 50 barang seharga 50 ribu.
14.Ciptakan wadah internet marketing milik sendiri. Strategi terbaik yang dapat melibatkan barang berkualitas rendah, sedang
maupun tinggi secara bersama-sama adalah menyatukannya dalam sebuah wadah.
Contoh, seorang konsultan dapat membuat buku untuk produk biasa, kursus
pemasaran untuk penawaran medium. Kemudian untuk penawaran tinggi dengan
memberi konsultasi yang sebenarnya sebagai core business-nya.
15.Ambil pasar yang paling anda sukai. Jangan
mengambil pasar atau produk berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang benar-benar
anda sukai. Jika anda bersemangat dengan pasar anda, maka anda akan menemukan
cara yang mudah untuk menggelutinya sampai anda mencapai kesuksesan.
16.Selalu bersedia untuk berpikir di luar wilayah anda. Bersedia untuk memandang dan berpikir di luar internet untuk menemukan
ide-ide maupun strategi-strategi baru yang mungkin dapat membantu meningkatkan
keuntungan. Jika sebuah teknik dapat membantu menaikan keuntungan secara
off-line, bias jadi diterapkan secara online. Satu-satunya cara untuk
mengetahui hal itu adalah dengan testing.
17.Tidak ada teknik pemasaran yang benar-benar baru. Kita membicarakan tentang teknik terbaru, tetapi sebenarnya tidak ada
teknik pemasaran yang benar-benar baru. Seseorang di industri yang berbeda
mungkin telah menggunakannya. Jadi, tetaplah buka mata, buka telinga di mana
pun anda berada.
18.Sifat manusia selalu sama. Kaidah
dasar pemasaran yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu dan masih berfungsi
sampai sekarang adalah sifat manusia tidak akan berubah. Contoh, konsumen akan
lebih tertarik kepada dirinya sendiri di banding dengan bisnis anda. Orang
masih menginginkan keuntungan dasar bagi dirinya sendiri bukan orang lain.
19.Temukan kesempatan yang paling mudah. Jangan
pilih produk yang berbiaya 20 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk selesai,
terutama bila anda sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya memakan waktu
satu bulan. Memang cukup melelahkan bila sedang memulai, namun pastikan anda
masih dalam jalur yang benar.
20.Hindari tantangan ketika memilih bisnis.
Tantangan yang sebenarnya akan muncul setelah anda selesai mendirikan suatu
proyek. Jadi, temukan proyek yang anda yakin dapat diselesaikan dalam jangka
waktu pendek. Kebanyakan pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang
memakan waktu lebih dari sebulan.
Semua yang tertulis di atas sangatlah mudah untuk
diucapkan, tetapi hal sebenarnya dalam mengaplikasikannya dalam bisnis anda
adalah hal yang lain lagi.
II. Jangan Bersaing dengan Perusahaan Besar
Kami berharap pembaca telah memikirkan mengenai beberapa ide yang telah
disebutkan sebelumnya. Dalam session 1 telah kita lewati dengan satu pemikiran
untuk tidak terlalu besar mengambil tantangan, terutama untuk yang pertama
kalinya. Bagian berikut juga masih akan membahas masalah yang sama.
- Jangan coba-coba dengan perusahaan besar. Jangan mencoba bersaing dengan perusahaan besar dalam pemasangan harga. Anda tidak bias memasang harga buku yang anda jual sama dengan harga di Amazon.com. jika anda memutuskan untuk bersaing dengan usaha kecil lainnya, anda harus memilih pasar yang tepat.
- Temukan ceruk pasar. Jika anda memutuskan untuk membuat kios buku di internet, fokuskan pada pasar yang lebih spesifik seperti: puisi, berkebun, bisnis, dan lain-lain. Jika memilih memiliki site khusus search engine, fokuskan pada ceruk pasar. Jangan bersaing dengan yahoo.
- Berpijak pada realitas. Sangatlah bagus menawarkan site yang selalu di up date setiap hari seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar. Mereka memiliki ratusan site designer dan ribuan pekerja yang siap dengan informasi terbaru. Jika anda menginginkan website yang selalu diperbaharui secara konstan, coba gunakan program up date otomatis atau pasang system tambahan seperti forum diskusi di mana ratusan orang dapat berpartisipasi di dalamnya.
- Coba untuk menawarkan tujuh link atau kurang di site anda. Salah satu tujuan utama dari setiap bisnis adalah jangan buat konsumen anda bingung. Dengan hanya menawarkan tujuh link ke website lain atau kurang di halaman utama, akan dapat membantu konsumen untuk tidak tersesat dalam menjelajahi site anda.
- Pastikan setiap halaman web anda memiliki link untuk kembali ke index. Jangan beranggapan prospek anda akan menekan tombol back untuk kembali ke halaman utama. Dan jangan memastikan jika mereka ingat dimana halaman utama anda berada. Link kembali untuk ke halaman utama harus ada di setiap halaman untuk memudahkan.
- Sertakan perintah window baru ketika linking ke website di luar domain anda. Anda dapat mempertahankan pengunjung untuk tetap di site anda dengan menyertakan perintah membuka window baru ketika mengakses link di luar domain anda. Untuk melakukan ini sangat mudah hanya dengan membubuhkan target =”newpage” di dalam bahasa dalam html untuk link tersebut. Berikut adalah sebuah contoh : http://www.animamusika.com”target=”newage”>
- Kurangi tampilan grafis. Tampilan grafis hanya akan menghabiskan waktu untuk loading. Pertahankan grafis dalam jumlah minimum di setiap halaman dan selalu mencoba untuk menciutkan warna sampai 256 atau mungkin 16 untuk mengurangi ukuran di keseluruhan grafis.
- Jangan selalu langsung mengadopsi teknologi baru. Mungkin Flash site dan Real Video adalah teknologi yang dahsyat untuk web site anda, tetapi jangan percayakan pemasaran anda kepada mereka. Tawarkan makna lain yang dapat memberi informasi yang sama dari site anda untuk mereka yang tidak ingin menunggu terlalu lama.
- Sisihkan uang anda untuk memperoleh domain sendiri. Jangan paksakan diri untuk memiliki site dengan menggunakan domain gratis. Memiliki domain sendiri dapat memperkuat kredibilitas anda di benak prospek. Harganya tidak mahal hanya berkisar antara Rp. 35.000,- s/d Rp. 100.000,- untuk layanan selama 1 bulan.
- Dapatkan penyelenggara web hosting dengan layanan lengkap, CGI akses, dan keamanan yang bagus untuk ordering. Banyak orang yang terjebak di wilayah ini, dan mengetahui untuk pindah server setelah terlambat. Carilah layanan hosting yang memiliki apa yang anda butuhkan meskipun anda mencari berdasarkan harga terendah.
- Menerima Cradit Card. Bisnis anda harus memiliki kemudahan untuk menerima transaksi lewat credit card jika ingin berhasil. Sekitar 90% radi konsumen anda yang tersebar di seluruh dunia akan lebih mudah melakukan pembelian dengan credit card. Jika anda belum 100% dapat dikatakan terjun ke bisnis ini bila belum mampu menerima transaksi lewat credit card.
- Tawarkan beberapa cara pemesanan. Cara terbaik dan paling umum untuk menerima order online adalah dengan secure order form, phone orders, fax orders dan postal order. Satu kunci untuk sukses di setiap bisnis dengan membuat cara pemesanan semudah dan seaman mungkin.
- Ingat! Penawaran gratis adalah kunci penjualan anda. Tawarkan sesuatu yang gratis di site anda. Tawarkan informasi gratis, program CGI gratis, free sample dari produk layanan. Harus di ingat bahwa hal gratis adalah inspirasi pertama dari internet. Jadi pastikan apa pun yang anda lakukan di internet melibatkan hal gratisan.
- Berikan sesuatu yang bagus dan bernilai dengan gratis. Jangan tawarkan sesuatu yang hanya bertujuan untuk mendatangkan pengunjung. Pastikan yang ada gratiskan adalah sebuah sample yang terbaik dari produk/jasa yang anda tawarkan. Jika anda memberikan sampah hal ini akan membawa mereka berpikir jika produk/jasa anda juga sama sampah.
- Jangan berikan segalanya dengan gratis. Jika anda memberikan segalanya secara gratis akan berakhir dengan tidak ada satu pun produk/layanan yang tepat anda jual. Bila anda hanya memberikan sesuatu dengan gratis ke prospek anda, biasanya mereka akan kehilangan makna dari apa yang anda coba berikan dan akan berakhir di kantong sampah.
- Buat satu paket produk untuk website. Jagalah selalu tujuan utama di benak anda di saat membuat sebuah website. Jika tujuan anda untuk menjual produk secara online, usahakan untuk selalu membuat p enawaran gratis anda mendorong mereka mendekati keputusan pembelian.
- Tidak semua website diciptakan untuk menjual sebagai tujuan utama. Beberapa perusahan menbuat website dengan tujuan untuk memperkokoh posisi mereka secara online tanpa ada maksud untuk menjual. Mereka membuka representatif di internet untuk memudahkan tindaklanjut dalam berhubungan melalui e-mail, mail, maupun telemarketing. Bila produk anda termasuk produk bernilai sangat tinggi, akan sulit untuk menjualnya secara online, dan dengan demikian anda perlu memiliki website sebagai showroom dan mengumpulkan permintaan.
- Satu hal yang harus dilakukan di setiap site adalah mengumpulkan alamat e-mail. Jika anda memperoleh alamat e-mail dari calon prospek anda, berarti ada kesempatan untuk follow up. Bila anda tidak dapatka e-mail mereka dan tidak ada kesempatan untuk melakukan transaksi pada kunjungan pertama, maka tidak akan ada penjualan selamanya.
- Website berikutnya hanya akan menyusul. Sebagian dari alasan fokus yang anda miliki dalam membuat website adalah pesaing anda akan berada satu langkah di belakang. Jika anda kehilangan rasa tertarik prospek selama satu menit, anda akan kehilangan penjualan lagi. Apa pun yang anda lakukan adalah untuk menarik perhatian mereka dan tetap fokus pada tujuan anda.
- Beri kesempatan untuk memberikan feedback. Setiap website harus memiliki formulir untuk menampung pendapat, pilihan dan pertanyaan mengenai keberadaan anda. Tidak semua pilihan selalu bagus, tetapi anda akan mulai untuk melihat alasan apa yang membuat mereka membeli dari anda. Hal ini memungkinkan anda untuk melakukan perubahan bila di rasa perlu untuk mengupdate-nya.
Beberapa ide yang telah kami sampaikan di atas
sangatlah sederhana. Untuk itu, anda disarankan untuk memperbaharuinya sesuai
dengan teknik pemasaran yang terbaru. Tanpa diawali dengan yang sederhana,
mungkin anda untuk kesulitan menemukan atau bergerak maju kearah yang lebih
lanjut.
III. Website Harus Memiliki Tajuk
Tip dan trik yang kami tawarkan dibagian ini adalah
mengenai penggunaan surat penjualan dan metode promosi yang efektif.
1. Setiap website yang Anda buat harus
memiliki tajuk. Anda tidak boleh membuat website dengan nama
perusahaan dipojok kanan atas kecuali hal tersebut mewakili keuntungan paling
utama dari prospek Anda. Gunakan UWP dan manfaat utama di tajuk website untuk
mempertahankan pengunjung.
2. Usaha pemasaran akan terhalang bila tidak
focus pada surat penawaran. Akan memakan usaha yang sama besarnya untuk
mendatangkan 1% pengunjung yang membeli dari website Anda dengan 20% pengunjung
yang melakukan pembelian. Jangan mencoba dulu setiap teknik pengiklanan dibuku
sebelum Anda memiliki website yang sudah mantap.
3. Coba untuk memperoleh Rp. 10.000,- atau lebih per pengunjung. Buang amplop dan coba cari
cara untuk menghasilkan uang di tingkatan ini. Jika mengalami kesulitan untuk
mencapai tingkatan ini maka dapat dipastikan Anda akan selamanya bergelut
memperoleh penjualan di saat mencoba untuk menggunakan iklan berbiaya.
4. Fokuskan pada nilai tambah seumur hidup
untuk konsumen. Bila homepage hanya mampu menghasilkan Rp. 5.000,-
per pengunjung, Anda masih mungkin untuk memperoleh uang dari penjualan
produk/layanan di masa yang akan datang. Seberapa besar nilai konsumen bagi
Anda berdasar keseluruhan proses pembelian mereka seumur hidup.
5. Jangan mulai mengikuti program afiliasi
bila belum mampu untuk mencapai tujuan di atas. Jangan
bergabung dengan program afiliasi hanya karena untuk meningkatkan traffic ke
website. Salah satu alasan 90% kegagalan untuk site afiliasi adalah pemilik
tidak pernah aktif (bekerja) dan mencoba melakukan tes pada proses penjualan
yang sebenarnya. Tentu saja, sebagai pemilik Anda mengumpulkan uang melalui
pihak affiliate yang melakuakn promosi. Tetapi apakah Anda pernah berpikir dari
perspektif mereka? Mengapa mereka harus susah-susah mempromosikan website yang
tidak berjalan meskipun itu affiliate mereka sendiri.
6. Site harus difokuskan pada manfaat. Mungkin ungkapan ini sudah mulai membosankan. Tetapi bagaimana pun juga
website harus 100% difokuskan pada manfaat. Prospek tidak diambil peduli pada perusahaan,
maupun servis Anda. Mereka hanya peduli pada manfaat yang dapat diperolehnya.
Katakana apa yang dapat Anda perbuat untuk mereka.
7. Habiskan 80% waktu pada tajuk. Jika tidak memiliki kemampuan untuk membuat orang tertarik dan
bersemangat dengan tajuk website Anda, maka Anda sudah membuat mereka pergi
dengan segera. Banyak penulis yang menghabiskan waktunya untuk menemukan tajuk
yang paling sesuai dengan surat penawaran yang mereka buat.
8. Amunisi terbaik untuk menyerang. Penduduk online bergerak dengan kecepatan penuh. Untuk mendapat
perhatian mereka dan menciptakan keputusan pembelian, gunakan daftar tajuk
manfaat yang Anda miliki.
9. Mantapkan kredibilitas website. Kredibilitas adalah rantai yang hilang di sebagian besar website.
Memang, Anda sedang memantapkan keinginan dan kebutuhan di setiap produk Anda,
tetapi lasan apa yang mengharuskan prospek percaya pada Anda? Langkah pertama
untuk membangun kredibilitas adalah dengan membuat website Anda berpenampilan
bagus dan menyediakan informasi yang dapat mendukung penawaran Anda.
10.Testimonial
(tanda penghargaan) dari pelanggan merupakan salah satu kunci kredibilitas. Ada ungkapan, seorang pemasar yang tidak memiliki testimonial ibarat
memiliki kulit bayi. Pastikan untuk menyimpan setiap pernyataan penghargaan
yang Anda dapatkan sehingga Anda memiliki kredibilitas yang dapat Anda ikut
sertakan di setiap surat bisnis maupun website.
11.Penawaran
tanpa garansi pertanyaan. Tidak satu pun pertanyaan dijawab dengan kredibilitas
kejelasan website Anda. Beberapa prospek Anda bisa mengambil keuntungan dari
hal ini, mereka secara cepat dapat mencerna suatu maksud produk Anda dan system
manajemen website yang Anda buat.
12.Gunakan
bonus untuk memberi nilai tambah pada produk. Bonus
sudah terbukti manjur untuk menaikkan penjualan. Terutama bonus dalam bentuk
informasi penggunaan di mana mereka memiliki nilai yang tinggi, tetapi berbiaya
rendah.
13.Selalu
gunakan N.B. Pastikan lagi setiap penawaran dan jaminan dalam
bentuk N.B di akhir surat. Penulis N.B ini membantu dalam meningkatkan
efektivitas promosi mereka. Banyak orang membaca N.B setelah mereka membaca
judul cerita.
14.Ulangi
penawaran di setiap formulir pemesanan.
Sebagian orang menyimpan formulir pemesanan di tempat favorit mereka untuk
memudahkan mereka kembali. Anda harus dapat memastikan bila formulir tersebut
memiliki informasi penawaran untuk mendekatkan mereka pada keputusan pembelian.
15.Tawarkan
penjualan langsung setelah pemesanan. Waktu
terbaik untuk menciptakan penjualan berikutnya adalah langsung setelah mereka
selesai melakukan pembelian dan credit card mereka masih ada ditangan.
Kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan 10%-30% dengan menawarkan produk lain
yang masih berhubungan di halaman terima kasih website Anda.
16.Ciptakan
file cadangan di hard drive. Buat sebuah direktori di
hard drive khusus untuk bahan-bahan penjualan. Setiap kali Anda menemukan
sesuatu yang bagus, klik “Save As” dari browser dan simpan di direktori. Meski
ada aturan untuk tidak menjiplak materi milik orang lain, tetapi referensi
seperti ini dapat di jadikan sebagai motivator yang bagus disaat Anda menulis
dalam bahasa Anda sendiri.
17.Selalu
baca semua hal yang Anda peroleh dalam hal penulisan surat penjualan. Seorang penulis yang baik adalah yang selalu membaca dan berlatih. Jika
Anda ingin menciptakan penjualan dari website Anda, Anda harus melakukan hal
yang sama. Jika Anda tidak memiliki waktu/keinginan untuk belajar dan keinginan
untuk mempelajari system penulisan, pastikan untuk menyewa seorang penulis
professional untuk membuatkan penawaran Anda.
18.Cipatakan
system penulisan surat penawaran. ciptakan langkah-langkah
penulisan surat penawaran. Mungkin di awal Anda bisa mencontoh dari mereka yang
telah melakukannya sebelumnya. Amati system yang mereka gunakan di saat membuat
surat menawaran, dan lakukan hal yang sama sampai Anda menemukan gaya penulisan
Anda sendiri.
19.Jangan
bergabung dengan sebuah program afiliasi yang belum memiliki system yang
terjamin. Hanya karena mudahnya mendaftarkan diri di ribuan
program afiliasi gratis, bukan berarti mereka dapat membantu penjualan Anda.
Lebih dai 80% affiliate tidak pernah melakukan apa pun. Pastikan diri Anda
bukan menjadi bagian dari statistic tersebut.
Coba
tengok kembali website dan materi promosi Anda. Apakah telah terfokus pada
prospek dan keuntungan yang akan mereka terima dari website Anda, produk maupun
layanan Anda? Atau Anda hanya memproduksi brosur perusahaan secara online? Keinginan
terakhir setiap orang adalah mencoba untuk membuat penjual.
Pada
dasarnya, program
afiliasi itu ada yang berbayar dan ada pula yang
gratis. Sekarang tergantung program mana yang kamu suka. Nah, jika diamati
lebih teliti, program afiliasi Indonesia lebih banyak yang berbayar. Mulai dari
puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah untuk mendaftar. Gak percaya?
Coba
survey ke semua situs iklan
baris, banyak program afiliasi yang mengharuskan
membayar untuk menjadi anggotanya. Produk yang dijual juga beraneka ragam,
mulai dari e-book sampai website. E-book apa yang dijual? Katanya sih tutorial
cari duit di internet sampai berhasil jadi kaya. Tapi pada intinya lebih
mengarah ke money
game alias mesin uang.
Jika
jualan website, domain atau hosting, wajar jika kita membeli produk mereka
dulu, lalu kita berhak mendapat komisi jika mereferensikan orang membeli produk
domain dan hosting mereka. Cara ini saya nilai lebih adil dibandingkan membayar
untuk menjadi anggota afiliasi
namun gak jelas barang yang kita jual.
Apakah
ada program afiliasi yang gratis? Banyak kok di Indonesia. Mulai dari butik
busana muslim sampai perusahaan domain dan hosting. Yang terpenting adalah kita mengetahui produk yang kita jual dan
mempunyai website yang jelas lengkap dengan alamat kontak. Gratis bukan berarti
murahan, dibandingkan membayar buat jualan e-book tapi gak lebih dari sekedar
money game.
Karena
itu, tetapkan tekad dalam diri kamu jika ingin ikut program afiliasi. Jika
ingin ikut yang berbayar, pastikan bukan sekedar Multi
Level Marketing atau mesin uang semata. Walaupun kamu punya
banyak uang dan tak masalah jika membayar, percayalah hal ini tidak akan
menguntungkan kamu.
Jika
ingin yang gratis, teliti kredibilitas perusahaan dan juga besarnya komisi yang
didapat. Dengan begitu kamu akan lebih semangat dalam penjual produk mereka.
Lumayan kan buat sampingan. Kita hanya berharap, semoga semakin banyak
perusahaan produk dan jasa Indonesia sesungguhnya yang menggunakan cara afiliasi
online dalam memasarkan produknya.
Bagian
berikut akan membahas mengenai teknik untuk memulai sebuah Opt-In List dan
bagaimana seorang affiliate dapat mengunakan teknik strategi internet
marketing tersebut untuk mengumpulkan pendapatan maksimum tidak peduli program
apa yang mereka ikuti.
1. Seorang affiliate harus memiliki nama
domainnya sendiri. Meskipun Anda seorang affiliate dan memiliki website
untuk program Anda, Anda tetap harus memiliki server dan nama domain sendiri.
Affiliate-affiliate terbaik telah melakukan hal tersebut dan mereka berhasil.
Karena mereka menginginkan setiap orang memandang mereka sebagai sebuah bisnis
bukan sebagai affiliate.
2. Banner sebagai alat penjualan paling
efektif untuk sebuah program affiliate. Banner
memiliki rasio click through yang sangat tinggi yang secara general tidak dapat
disaingi oleh dukungan individu dari produk perusahaan maupun layanannya.
3. Cantumkan testimonial pribadi untuk
program afiliasi. Affiliate yang paling efektif di semua program adalah
mencantumkan sebuah artikel atau testimonial mengenai produk. Kemudian baru
dilanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu penjualan. Jangan hanya menunjukkan
link saja, tetapi tunjukkan kredibilitas program yang Anda wakili.
4. Tawarkan bonus gratis setiap pembelian
dari affiliate link. Meskipun anggota affiliate dapat memiliki sebuah UWP,
namun hanya Anda seorang saja yang dapat menawarkan special bonus gratis kepada
mereka yang membeli melalui Anda, bukan dari anggota affiliate yang lain.
Membeli melalui Anda mungkin lebih menguntungkan dari pada membeli langsung
dari pemiliknya.
5. Distributor dan metwork marketer dapat
menggunakan teknik tersebut. jadilah satu-satunya orang
yang memberi ekstra special bonus. Posisikan diri berbeda dengan distributor
yang lain dengan melakukan hal ini. Kemudian penjualan hanya akan menjadi 500%
lebih mudah di banding yang perbah dibayangkan sebelumnya.
6. Mulailah dengan daftar Opt-In E-mail
sendiri. Salah satu tujuan dari bisnis yang Anda adalah
membagun Opt-In E-mail sendiri. Jika Anda dapat menjaring 100 orang untuk
menerima regular kontak dari Anda, maka Anda tidak perlu lagi mengejar uang.
7. Luatkan list Anda. Sekali Anda menjalankan Opt-In List mulailah untuk menguatkan
produk dan layanan. Anggota affiliate terbaik adalah yang menyertakan
testimonial pribadi dan penguatan untuk member Opt-In List mereka.
8. Personialisasikan komunikasi e-mail
sedapat mungkin. Terdapat puluhan bahkan ratusan e-zine di internet
yang diterbitkan dan jutaan e-mail yang dikirimkan setiap harinya. Denan
demikian, temukan cara agar prospek dapat mengenali e-mail Anda diantara
tumpukan e-mail yang lain.
9. Gunakan automated follow-up
auotoresponder. Autoresponder ini akan melakukan tindak lanjut (follow-up)
sampai 10 personalisasi prospek ataupun konsumen. Gunakan autores-ponder untuk
dokumen marketing, free reports, surat penjualan, dan sebagainya. Temukan cara
system tindak lanjut yang terjamin dapat membuat Anda tidak tertandingi dalam
komunikasi.
10. Sediakan informasi berkualitas di e-mail. Jangan hanya membuat dan mengirimkan surar promosi yang berbunga-bunga
dan mengklaimnya sebagai free report. Pelajari bagaimana
mengkombinasikan informasi yang bagus dengan materi penjualan Anda. Internet
marketing memerlukan penyatuan antara hal gratis dengan materi penjualan.
11. Terbitkan e-zine sesuai jadwal Anda. Jangan terbitkan setiap minggu atau harian hanya karena orang lain
melakukan hal tersebut. Anda harus menemukan system yang sesuai dengan kondisi
Anda. Jika Anda hanya mampu menciptakan terbitan yang berkualitas sekali dalam
sebulan, maka lakukan saja hal itu.
12. Jangan takut untuk menawarkan sesuatu ke list
member. Penyediaan informasi harus dilakukan terlebih dahulu
untuk memantapkan kredibilitas, tetapi e-zine tidak dapat mendatangkan
keuntungan bila disertakan dengan penawaran penjualan.
13. Gunakan website dan daftar Opt-In secara
bersama-sama. Pelajari bagaimana mengintegrasikan website dengan
e-mail publikasi. Mengkombinasikan keduanya dapat meningkatkan efektivitas
dalam promosi.
14. Submitkan e-zine di setiap direktori yang
ada. Banyak terdapat direktori yang menampung e-zine.
Meskipun Anda belum tentu mendapatkan ratusan pendaftar melaluidirektori
tersebut, tetapi meski kecil mereka mampu memasok pendaftar baru secara
konstan.
15. Bertukar Classified dan Sponsor Ads
dengan penerbit lain. Salah satu cara yang baik untuk membangun list adalah
dengan bekerja sama dengan penerbit lain. Semua akan memperoleh keuntungan.
16. Gunakan kerja sama untuk membangun list.
Untuk melipatgandakan pendaftar dari website, berilah
kesempatan pada pendaftar baru untuk mendaftarkan diri di tiga e-zine lain yang
sejenis. Jika sesorang mendaftar di salah satu e-zine, maka dia memiliki
kesempatan untuk mendaftar di e-zine yang lain. Itulah gunanya kerjasama.
17. Ciptakan e-zine yang aktif. Lakukan jajak pendapat dan ajukan pertanyaan dan kemungkinan untuk
menjadi penulis tamu untuk e-zine Anda.
18. Selalu membuat personalisasi database costumer
Anda. Jangan hanya menggunakan e-mail untuk prospek Anda.
Buatlah daftar konsumen dan sekali waktu mengontaknya kembali dengan e-mail
untuk menawarkan produk-produk terbaru setiap enam bulan sekali atau tergantung
jenis bisnis Anda.
19. Siapkan signature file untuk UWP Anda. Anda harus mempersiapkan signature file di setiap software program
e-mail yang digunakan. Ikuti manual konfigurasinya untuk membuat signature
file yang spesifik. Kunci untuk SIG file yang berhasil adalah hanya terdiri
atas 4-6 baris dan juga berisi UWP Anda.
Apakah
Anda seorang affiliate yang berhasil? Bila bukan, cobalah untuk memulainya
dengan menerapkan beberapa trik di atas untuk bisnis Anda.
Masalah
terbesar dengan program afiliasi adalah sulitnya membangun sebuah posisi
penjualan yang unik di antara ribuan program afiliasi lain yang memiliki
masalah yang sama.
Kuncinya
adalah :
1. Tawarkan ekstra bonus.
2. Kembangkan Opt-In E-mail List sendiri yang
memungkinkan untuk melakukan kontak langsung dengan customer.
V.
Submit Artikel di E-zine List atau Website
Berikut
akan membahas promosi yang harus di gunakan untuk memulai bisnis internet.
Awali dengan iklan gratis kemudian lanjutkan dengan iklan yang berbiaya. Berikut
temukan teknik bagaimana melakukan hal tersebut.
1. Berpartisipasi dalam sebuah grup diskusi. Grup diskusi, mailing list, newsletter dapat membantu meningkatkan
aliran pengunjung dan penjualan. Kemungkinan untuk saling bertukar informasi
antar anggota dan memperoleh informasi yang bermafaat dan sangat mudah.
2. Submit artikel di E-zine List atau
website. Promosi melalui e-zine akan memberikan kontribusi yang
besar dalam mereguk keuntungan. Untuk memperoleh hasil yang mengejutkan,
tulislah sebuah artikel mengenai produk layanan Anda kemudian submit-kan di
e-zine memiliki pembaca yang sesuai target market.
3. Buat buku elektronik. E-book dapat memberikan traffic website sampai 1/3 keseluruhan
kunjungan. E-book yang di ciptakan dan didistribusikan melalui internet dapat
menghasilkan lonjakan kunjungan hari demi hari tanpa kita terlalu banyak
mengeluarkan uang dan waktu. E-book memiliki nilai yang tidak tehingga untuk
bisnis Anda.
4. Cari kemungkinan untuk pertukaran link. Jika telah memiliki website dengan isi yang representatif, kemudian
mulailah untuk mencari link dan website lainnya. Cara tercepat untuk memperoleh
link ke website lainnya adalah dengan mencarinya di search engine, temukan
mereka yang member link ke pesaing dan tanyakan apakah mereka mau bertukar link
dengan Anda.
5. Submitkan website Anda ke 10 search engine
terkemuka. Traffic search engine 95% di hasilkan oleh 10 search
engine terkemuka. Daftarkan website ke 10 mesin pencari tersebut lakukanlah
dengan secara manual melalui formulir pendaftaran di website mereka, hindari
menggunakan software untuk itu.
6. Gunakan software untuk submit ke 1.500 ++
search engine lainnya. Di internet banyak terdapat ribuan search engine kecil
dan Free-For-All Link. Akan sangat memakan waktu bila kita melakuakan
submitting secara manual. Untuk itu, gunakan software yang hanya berharga
beberapa rupiah untuk membantu meringankan tugas ini, submitting harus
dilakuakan secara terus menerus.
7. Ulangi submitting ke search engine kecil
tersebut secara konsisten. Pisahkan search engine besar dari software
submitting. Mulailah untuk mendaftarkan website ke search engine kecil dan
Free-For-All Links setiap 3 hari sekali atau setiap minggu. Setiap pendaftaran
hanya akan memberikan kontribusi yang kecil, tetapi secara pasti dan konstan
akan selalu menyalurkan pengunjung ke tempat Anda. Siapa tahu calon pembeli
Anda berasal dari mereka.
8. Cantumkan alamat website di semua material
bisnis. Pastikan website dan UWP tercantum dalam semua bisnis
material yang Anda miliki seperti, brosur, banner, dan sebagainya. Jangan
persempit pemasaran website di wilayah online saja. Terkadang iklan terbaik
juga mengikut sertakan teknik pemasaran offline.
9. Cantumkan alamat website di kartu nama dan
kop surat. Pastikan untuk mencantumkan alamat website di
material bisnis terpenting, misalnya kartu nama, kop surat. Sebuah UWP tidak
akan bernilai banyak bila tidak mampu menjelaskan keuntungannya saat ini kepada
konsumen.
10. Press
release adalah model iklan gratis terbaik saat ini. Publisitas
gratis dapat mendatangkan traffic ke website dalam semalam dibandingkan
publisitas gratis lainnya yang memerlukan waktu setahun. Belajarlah untuk dapat
membuat sebuah press release yang baik dan mulailah untuk mendaftarkanny ke
majalah, Koran, TV dan radio melalui e-mail, fax maupun postal mail.
11. Begitu
system Anda terbukti, selanjutnya coba melangkah ke iklan berbiaya. Dengan memanfaatkan free ads, dapat digunakan untuk membuktikan apakah
teknik yang di pakai telah dapat membuktikan apakah teknik yang di pakai telah
dapat mendatangkan keuntungan atau belum. Jika telah terbukti manjur, Anda
dapat memulai dengan cara yang berbiaya untuk membangkitkan penjualan otomatis
secara regular.
12. E-zine
ads sangat efektif. E-zine ads dapat membantu untuk menyampaikan pesan ke
ribuan bahkan jutaan orang hanya dengan biaya yang minim dan sampai langsung ke
target market.
13. Tampilan
banner yang lebih interaktif. Banner sangat mudah
kehilangan efektifitas di banding iklan yang lain. Untuk meningkatkan fungsi banner
ini diperlukan tampilan banner yang interaktif seperti menampilkan drop down
menu, click boxes dan slide. Hal ini akan lebih memberi rasa
“Window” dan akan lebih mampu menigkatkan persentase click through.
14. Html
banner lebih bersaing di banding banner regular. Terbaik
untuk memperpanjang daftar e-zine dengan menggunakan html banner, di mana
setiap orang dapat langsung mendaftarkan diri sewaktu masih di website yang
sama. Html banner dapat menghasilkan ribuan pendaftar dalam hitungan minggu
dengan biaya yang sangat murah.
15. Selalu
lakukan test dan pemberian kode disetiap site. Jangan
memutusakan website Anda melakukan running bisnis tanpa pemberian kode secara
mekanis dalam operasional. Hal ini dikarenakan site Anda tidak akan ditemukan
di search engine atau site pencari lain sebagai pendukung promosi site.
16. Manfaatkan
Goto.com. Goto.com memiliki metode promosi pembayaran per klik.
Dengan membayar beberapa dolar kemudian membayar ke orang yang melakukan click
through ke website Anda dengan menggunakan kata kunci. Dengan menggunakan
beberapa ratus kata kunci peningkatan pengunjung ke website dapat melebihi
ratusan.
17. Pembayaran
per lead untuk hasil yang konstan. Perusahaan yang sejenis
dengan Goto.com adalah Pennyweb hanya dengan membayar 15 sen per pengunjung
untuk keseluruhan kunjungan yang berasal dari mereka.
18. Pakai
judul yang sama di iklan maupun di website. Cara
ini digunakan untuk mempertahankan pengunjung supaya tetap pada jalur. Di mana
pun mereka klik, di situ mereka akan membaca, jadi jangan sampai membingungkan
pembaca.
19. Coba
respons pribadi pada promosi yang spesifik. Jika
memiliki banner di InfoSeek tulis dengan tajuk bertuliskan “Special Bonus for
InfoSeek members” di website Anda. Bila melakukan Join Venture di sebuah
newsletter, jangan lupa sebutkan nama newsletter tersebut di website.
20. Promosi
offline dapat memberikan hasil yang baik.
Pertimbangkan untuk menggunakan bentuk promosi offline untuk bisnis Anda. Banyak
bisnis yang tadinya dengan semangat melakukan promosi online yang kembali lagi
ke promosi offline ke TV, majalah dan radio. Untuk beberapa industry, produk
unggulan yang di tawarkan melalui promosi offline akan banyak di beli orang di
bandingkan melalui online promosi.
Ada
sebuah ungkapan using “ Bangun dan mereka akan datang “, mungkin hanya cocok
untuk judul sebuah film, tetapi tidak berlaku untuk online marketing. Begitu
Anda selesai membuatnya, Anda harus segera mulai mengiklankannya. Jika Anda
hanya membuatnya dan kemudian hanya berhenti sampai di situ, uang tidak akan
mungkin mengalir ke saku.
VI.
Postcard Memberi Pandangan Baru
Bagian
berikut akan menyajikan mengenai masalah mengenai bagaimana melakukan promosi
offline dan bagaimana mendesain produk unggulan dalam beberapa hari.
1. Postcard member pandangan baru. Dengan membeli postcard dan mengirimkannya ke postcard deck untuk
100.000 pembaca hanya akan memakan biaya beberapa ratus rib. Ini bisa membuat
Anda terkenal tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Persiapkan untuk free
report atau layanan lainnya dan kemudian di cantumkan alamat website untuk
mendapatkan informasi lebih baik.
2. Iklan majalah dapat berfungsi dengan
efektif. Iklan majalah dapat mendatangkan pengunjung bahkan
pembeli yang berkualitas. Dengan cara ini website Anda dapat menduduki ranking
pertama dari semua website yang terlintas di pikiran orang awam. Curi perhatian
mereka.
3. Kirimkan artikel ke majalah atau koran. Jangan mempersempit artikel submission hanya pada penerbit e-zine saja.
Coba untuk mengirimkannya ke majalah atau Koran, selain itu, editor majalah
juga memerlukan berita yang bagus juga. Sebuah artikel di majalh dapat
memantapkan kredibilitas di mata audien potensial.
4. Jika telah memiliki affiliate system
mulailah dengan program afiliasi. Setelah website dan system
Anda terbukti efektif, mulailah untuk menambah afiliasi program. Jangan menjadi
seperti affiliate yang lain, jadilah sesuatu yang lain dengan memberikan free
report, artikel, banner, surat penguatan, dan yang lainnya.
5. Memiliki produk sendiri adalah cara
terbaik untuk sukses secara online. Program
afiliasi mungkin sebuah cara bagus untuk memulai online secara bisnis, tetapi
dengan memiliki produk sendiri akan lebih menguntungkan di masa depan untuk
sukses di internet. Pelajari untuk membuat produk sendiri dan kemungkinan untuk
tetap bartahan dapat dilihat.
6. Gunakan produk afiliasi sebagai pendukung
produk Anda sendiri. Untuk produk utama adalah sesuatu yang diciptakan
sendiri, affiliate program dapat digunakan sebagai produk pendukung yang baik.
Temukan produk dan layangan yang sesuai dengan milik Anda dan tawarkan sebagai
produk pendukung.
7. Lihatlah sekeliling untuk menemukan ide
baru. Ide produk ada di sekeliling kita. Lihat TV, dengarkan
radio, baca majalah. Itulah sumber ide.
8. Gunakan program afiliasi sebagai pendukung
produk Anda. Ketika keseluruhan produk akan menjadi suatu yang
kreatif untuk dijual, program afiliasi sangat mendukung produk Anda. Temukan
produk dan layanan yang sangat relevan dengan tipa penjualan produk Anda dan
tawarkan dengan system yang cukup bagus ketika seseorang mulai mengadakan
pemesanan atas produk tersebut.
9. Lihat sekeliling Anda atas gagasan produk
yang dibuat. Gagasan ada di mana-mana. Ketika Anda melihat berita
di TV, mencari gagasan produk. Ketika melihat-lihat majalah, lihatlah peluang
atas penetrasi produk yang Anda buat. Jaga konsistensi Anda dalam menjaga
gagasan dan kualitas produk, tidak masalah Anda harus bekerja keras untuk itu.
10.Materi
riset: domain gratis untuk kemudahan. Ribuan
bahkan jutaan domain umum atau gratis dapat digunakan untuk produk yang bagus
atau bonus. Domain ini dapat mendongkrak system penjualan secara efektif.
11.Lakukan
interview dengan tape recorder. Unutk membuat produk cepat
laku dan terkenal, Anda perlu melakukan interview dengan mereka. Kemudian, Anda
mempunyai testimonial untuk menggunakan produk tersebut. penawaran produk atas
system interview sebagai testimonial dapat menjadi dokumentasi umum yang bisa
sangat diandalkan.
12.Video
mempunyai value added untuk melengkapi produk dengan cost yang rendah. Anda dapat membeli sebuah video editing card dan sebuah digital
camcorder. Setelah itu, Anda memulai membuat informasi produk Anda sendiri
melalui system video. Video mempunyai high ticket value untuk menjadi lebih dan
lebih valuable di internet.
13.Anda
dapat membuat site subscription. Site subscription adalah
satu cara tercepat dalam mempercepat pertumbuhan infomasi bisnis online.
14.Press
release bisa membuat lebih valuable produk Anda. Buat
press release produk, tetapi fokuskan pada headline dan benefit (jadi bukan
hanya produk). Anda dapat juga mengirim contoh copy dari manfaat produk untuk
mempublikasikannya melalui mail order.
15.Cari dan
cari proyek yang mudah. Jangan buat produk yang mempunyai history tahun lalu.
Buat sedemikian rupa untuk terus terinovasi dan membuat informasi bisnis.
16.Jadikan
suatu system instant internet cashflow system member untuk hasil terbaik. Apa yang harus Anda perbuat jika Anda ingin belajar memulai 115 trik
internet marketing terbaik dalam bisnis Anda, lalu Anda menjadi sebuah anggota
“instant internet cashflow system”? hanya ada satu tip untuk itu. Aktiflah
dalam system pemasaran online melalui lingkaran nadi e-marketing dengan menjadi
member atau jaringan di antara mereka. Untuk itu, Anda akan merasa
mendapat asisten virtual one-on-one dalam bisnis Anda.
BAB 3
KESIMPULAN
Teknologi
mempunyai efek besar pada perdagangan global dalam hal layanan (service).
Perdagangan dunia yang meliputi perangkat lunak computer, produk-produk hiburan
(seperti database, koran-koran yang online), informasi teknis,
lisensi produk, layanan financial, dan layanan tenaga ahli (seperti konsultasi
bisnis atau teknis, jasa akuntan, rancangan arsitektur, nasihat hukum, layanan
perjalanan, dan lain-lain) tumbuh secara cepat dalam sepuluh tahun terakhir
ini.
Internet
juga akan merombak pemasaran retail dan pemasaran langsung. Konsumen
nantinya akan dapat berbelanja beragam produk dari seluruh pengusaha pabrik dan
seluruh pengecer di dunia tanpa perlu keluar rumah. Konsumen dapat melihat
produk-produk tersebut pada layar computer atau TV, mengakases informasinya,
dan membayangkan apakah produk itu cocok satu sama lain (contohnya, dalam hal
menata ruangan menggunakan furniture yang ditawarkan di computer atau TV).
Kemudian, konsumen dapat memesan dan membayar pilihannya tersebut.
Daftar Pustaka
Ustadiyanto, Riyeke,
SE.
e-Business Plan,
Perencanaan, Pembangunan dan Strategi Bisnis Di Internet (Yogyakarta : Andi,
2002).
0 komentar:
Posting Komentar