Senin, 10 Oktober 2011

Istilah Akuntansi Beserta Definisinya

Berikut ini istilah akuntansi beserta definisinya :
1. Indeks harga konsumen : Angka yang menggambarkan perbandingan perubahan harga barang dan jasa yang dihitung dianggap mewakili belanja konsumen, kelompok barang yang dihitung bisa berubah-ubah disesuaikan dengan pola konsumsi aktual masyarakat.

2. Inflasi : Proses kenaikkan harga-harga umum barang-barang secara terus menerus atau turunnya nilai uang yang terus menerus.

3. Biaya Modal : Biaya yang riil yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana baik yang berasal dari hutang, saham preferen, saham biasa, maupun laba ditahan untuk mendanai suatu investasi atau operasi perusahaan.

4. Analisa Biaya Volume dan Laba : Suatu analisa yang menggambarkan bagaimana perubahan biaya varibel, biaya tetap, harga jual, volume penjualan, dan bauran penjualan akan mempengaruhi laba perusahaan.

5. Margin Kontribusi : Selisih antara harga jual perunit dan biaya variabel perunit, besaran untuk menutup biaya tetap dan memberikan keuntungan perunit.

6. Anggaran : Rencana keuangan yang disepakati untuk dilaksanakan bersama.

7. Activity Based Costing : Merupakan metode yang menerapkan konsep-konsep akuntansi aktivitas untuk menghasilkan perhitungan harga pokok produk yang lebih akurat.

8. Biaya Semivariabel : Biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan.

9. Biaya mutu (Quality cost) : Biaya yang bersangkutan dengan penciptaan, pengidentifikasian,perbaikan dan pencegahan produk cacat.

10. Saham : Perusahaan atau perseroan terbatas. Wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut.

11. Konsumen : Setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

12. Biaya Variabel : Biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan.

13. Pasar Modal : Pasar bertemunya penjual dan pembeli untuk memperdagangkan surat-surat berharga.

14. Pengertian Modal Ventura : Merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu.

15. Rentabilitas : Kemampuan untuk memperoleh laba atau keuntungan.

16. Biaya Produksi : Biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual.

17. Biaya Pemasaran : Biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk.

18. Biaya Administrasi dan Umum : Biaya yang mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk.

19. Biaya Tetap : Biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisar volume keguatan tertentu.

20. Pengeluaran Pendapat : Biaya yang hanya mempunyai manfaat dalam periode akuntansi terjadinya pengeluaran tersebut.

21. Pengeluaran Modal : Biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu periode akuntansi (biasanya periode akuntansi adalah satu tahun kalender).

0 komentar:

Posting Komentar